Jumat, 09 Oktober 2015

Lima Tahun Berprestasi

Kuatkan Solidaritas, Junjung Tinggi Kekeluargaan
Oleh : Asfira Saraswati
Editor INK

Imbisi. Lima tahun sudah ikatan ini mendampingi dan merangkul seluruh mahasiswa Unnes penerima beasiswa paling luar biasa di negeri ini, Bidikmisi. Tanggal 10 Oktober nanti, Imbisi akan genap berusia lima tahun, dan dengan direkrutnya anggota keluarga baru dari mahasiswa baru angkatan 2015, sangat diharapkan ikatan ini akan semakin erat dan semakin banyak progja-progja bermanfaat yang dapat diselenggarakan.

Bicara mengenai progja, baru-baru ini, di tahun angkatan baru 2015, Imbisi telah berhasil menyelenggarakan dua acara sebagai penyambutan bagi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi yaitu Simabid dan Sosialisasi PKM. Simabid sendiri merupakan progja rutin bagi mahasiswa baru penerima bidikmisi untuk saling bersilaturrahmi dan mengenal bagaimana komunitas mahasiswa bidikmisi di Fakultas Ekonomi ini, dan acara Simabid ini berlangsung cukup meriah dan mendapat sambutan yang cukup antusias dari para mahasiswa. Selain Simabid ada satu lagi acara yang tidak kalah meriah dan sejujurnya, sangat penting dan bermanfaat bagi mahasiswa baru bidikmisi. Adalah Sosialisasi PKM, atau Program Kreatifitas Mahasiswa.
Seperti yang kita semua tahu, PKM merupakan salah satu kewajiban yang wajib ditunaikan bagi seluruh mahasiswa bidikmisi sebagai bagian dari tanggung jawab dan pembelajaran. Sebagai salah satu bentuk kepedulian dari Imbisi agar mahasiswa baru mengetahui pentingnya membuat PKM ini, maka diselenggarakanlah acara Sosialisasi PKM. Acara ini sebenarnya memang sudah seperti acara rutin juga, sama seperti Simabid karena tahun lalu acara ini juga diselenggarakan, dan akan jadi hal baik juga apabila acara ini dapat diadakan sebagai acara rutin tahunan.
Imbisi, sebagai sebuah ikatan yang merangkul seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi penerima beasiswa bidikmisi juga melakukan pengawasan yang cukup ketat terkait kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa bidikmisi. Imbisi dengan gencar mengajak mahasiswa bidikmisi agar semangat membuat PKM setiap tahunnya, dan tak ayal, banyak dari mahasiswa bidikmisi yang Proposal PKM-nya didanai dikti sebagai bentuk apresiasi, dan hal ini memotivasi mahasiswa lainnya untuk dapat membuat PKM yang dapat lolos dan didanai. Imbisi, dalam hal ini, memiliki peran penting dalam pengawasannya.
Sebagai sebuah ikatan, solidaritas merupakan kunci penting dalam membangun suasana kekeluargaan yang erat dan kompak. Seperti organisasi yang lain, Imbisi juga memiliki struktur fungsionaris yang memegang perannya masing-masing, meskipun, Imbisi selalu menyatakan bahwa komunitas ini lebih kepada sebuah ikatan yang seluruh anggotanya sudah seperti keluarga sendiri, seperti yang disampaikan Tyo Darmanto dalam temu magang perdana pada Sabtu, 3 Oktober lalu.
Nadia, Kepala departemen Kewirausahan juga mengatakan, Imbisi adalah organisasi yang didasarkan rasa kekeluargaan. Solidaritas, tanggung jawab, dan kekeluargaan dalam ikatan ini perlu dieratkan lagi.

Bertepatan dengan hari jadi Imbisi tanggal 10 Oktober nanti, akan diselenggarakan acara SSC, yaitu Student Scholarship Centre dari fakultas yang kepanitiannya diambil dari Imbisi. Acara ini terdiri dari rangkaian seminar, kelas, dan lomba cipta logo. Acara ini terbuka untuk seluruh mahasiswa penerima beasiswa, tidak hanya Bidikmisi, bahkan juga diberikan kuota untuk mahasiswa non-beasiswa. Dengan adanya acara ini, diharapkan ikatan mahasiswa bidikmisi akan lebih erat dengan mahasiswa penerima beasiswa yang lain, dan Imbisi tetap menjadi organisasi yang menjunjung tinggi kekeluargaan, solidaritas, tanggung jawab, dan semakin semangat berkarya untuk Fakultas Ekonomi tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar