Minggu, 19 Mei 2013

Mimpi Berubah enjadi Keyataan

Mmpi Berubah Menjadi Kenyataan
Oleh Mei Saroch
Sebelum menceritakan kisahku meraih bidikmisi ini,  Aku akan memperkenlakan diriku…

namaku Mei Saroch biasa dipanggil mei atau memey..aku berasal dari Kebumen..

**melanjutkan sekolah keperguruan tinggi?????

Itu hanya mimpi bagiku…

Awal dari cerita ini adalah ketika aku kelas 3 SMP, saat hendak menentukan ke sekolah mana saya akan melanjutkan pendidikanku… SMA atau SMK? Dalam hatiku terdalam aku sangat-sangat ingin kelak dapat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi negeri setelah lulus SMA nanti….  Tetapi…

Ahh namun aku harus megurungkan niatku untuk melanjutkan kuliah karena aku harus membantu mamahku, aku putuskan aku harus melanjutkan sekolahku di SMK saja agar aku setelah lulus nanti  bisa langsung kerja bisa membantu, dan meringankan beban mamahku bisa membantu membiayai adiku sekolah… Saat itu adiku masih kelas 5 SD dan besok pasti akan membutuhkan uang banyak untuk melanjutkan sekolahnya,  nah telah saya hitung-hitung pada saat aku selesai sekolah di SMK adiku masuk SMP sehingga aku bisa membantu membiayai sekolahnya  .

Sangat menyedihkan sekali karena waktu itu waktu aku kelas 3 SMP mamah dan papaku bercerai, karena sesuatu hal yang aku tau itu bukan salah mamahku, … Tak pernah terbayangkan semua itu akan terjadi. Emang sejak kecil aku tidak dekat dengan papahku, papahku lebih sayang terhadap adiku,  tapi siapa sih yang tidak ingin punya keluarga yang lengkap memiliki orang tua yang lengkap memiliki papah dan mamah?? :’(                                                                               Namun semua itu telah terhapus di benakuku, aku bisa dan aku harus bisa melewati itu semua, mamah saja bisa aku harus lebih bisa, aku harus mengobati kesedihan mamahku dengan prestasiku.aku harus bisa menunjukan ke papah kalo aku bisa tanpa bantuanya .. ,  hanya meminta uang ke papah buat membayar SPP saja tidak dikasih..semua biaya  sejak aku SMP kelas 1 mamah yang berusaha keras untuk membiayai sekolahku dan kehidupan aku dan adiku… mamahku berjualan bakso dan mie ayam bangun pagi kepasar belanja ,hingga malam hari jualan…semua itu untukku untuk adiku..itupun jualanya tidak menentu dan lebih sering sepinya…

Aku tak boleh diam saja aku harus membantu mamahku selain itu aku juga sebagai seorang anak yang paling tua aku harus bisa membantu mamahku… aku rela untuk mengurungkan niatku untuk kuliah,  yang ada dipikiranku saat itu yaitu aku bisa masuk SMK , sekolah yang bener dan setelah lulus bisa langsung medapatkan pekerjaan dan bisa membantu mamahku, meringankan beban mamahku, dan dapat membuat mamah bangga terhadapku dan membuatnya tersenyum bahagia karenaku….

Alhamdulillah aku bisa lolos di semua seleksi yang aku jalanin dan dapat dinyatakan lolos dan diterima di SMK yang aku ingini karena sekolah ini cukup baik dan lulusanya dapat langsung bekerja di carikan oleh sekolah ,   SMK  N 1 Gombong jurusan TKJ aku berhasil lolos setelah serangkaian seleksi yang aku jalanin yaitu seleksi administrative (nilai rapot) , seleksi kesehatan, tes fisik, tes psikologi dan tes kemampuan bahasa inggis, aku sangat senang karena inilah awalku untuk dapat membantu mamahku,, :)

Hari-hari disekolah tak pernah aku sia-siakan aku harus belajar dan belajar dengan sungguh-sungguh mengukir prestasi agar kelak saat lulusan aku dapat dengan mudah mendapatkan pekrjaan,, dan alhamudulillah setiap semester aku bisa mendapat 10 besar, 5 besar dan bahkan pernah 3 besar .. Alhamdulillah…

*** ketika mimpiku hadir kembali di fikiranku…..

Saat kelas XII ada sosialisasi perguruan tinggi negeri datang kesekolahku waktu itu sosialisasi dari UGM … waktu itu setiap anak ditanya “ingin melanjutkan atau ingin kerja setelah lulus? Dan jika ingin melanjutkan,  melanjutkan kemana ?”

Emm giliranku pun tiba,, aku menjawab ingin bekerja.. kemudian ditanya kenapa tidak ingin melanjutkan sekolah di Pergurun tinggi? aku hanya diam,,,  

Kemudian kaka dari UGM  berkata “kalian tidak usah takut jika tidak ada biaya sekarang itu ada bidikmisi mengatakan sekarang kan ada bidikmisi” ,,, bidikmisi??? Iaaa bidikmisi adalah beasiswa dari pemerintah untuk orang yang kurang mampu dan berprestasi.. selain biaya kuliah sama sekali gratis dan mendapakan uang saku tiap bulannya 600ribu.

Mimpiku untuk melanjutkan kuliah pun muncul kembali…

Tapi aku masih bertanya-tanya apakah itu benar ? apakah bidikmisi itu benar adanya??

Aku ingat ada kaka kelas yang kuliah di UNNES yang mendapatkan bidikmisi akupun tanya-tanya memastikan apkah benar atau tidak?

Bagaimana cara agar bisa mendapatkanya?

Saat itu aku di ajak temanku untuk ke BP melihat pengumuman, dan aku tak sengaja melihat di jendela BP ada daftar rekomendasi 50% terbaik perjurusan yang direkomendasikan  untuk mendaftar SNMPTN Undangan dan Alhamdulillah aku termasuk didalamnya urutan no. 3 :)

Aku ceritakan kepada mamahku namun mamahku tidak percya apakah benar-benar gratis mamahku takut jika itu hanya beberapa bulan kedepan dan selanjutnya tidak seperti itu lagi. Aku menceritakan ada kaka kelas yang sudah mendapat bidikisi di UNNES   dan mamahpun mengijinkan…

Mungkin ini adalah cara lain untuk membantu mamah dengan aku kuliah aku bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi dan lebih tinggi juga gajinya, dibandingkan jika aku selesai lulus SMK bekerja itupun sistemnya kontrak dulu dan gajinya tidak terlalu besar dan harus bersaing dengan lulusan-lulusan dari perguruan tinggi yang lebih berkompeten dan kebanyakan syarat untuk melamar pekerjaanpun kebanyakan  minimal sarjana. Dengan aku kuliah aku bisa lebih mudah mendapat pekerjaan dan pasti mamah bangga bisa melihat anaknya menjadi seorang sarjana , bisa menjadikan aku sarjana tanpa bantuan dari papah..

Akupun mencoba mengikuti SNMPTN Undangan Bidikmisi  aku memilih di UNNES dan di Unsoed ….ketika pengumuman tiba aku langung pergi kewanet melihat hasilnya  Namun hasilnya aku tidak lolos SNMPT Undangan…..

Sangat sedih sekali karena itu merupakan harapan terbesarku untuk bisa melanjutkan kuliah … Namun masih ada cara lain yaitu melalui SNMPTN Tulis , namun aku agak kurang yakin dengan ini, karena aku dari SMK materi-materi yang di ujikan di SNMPTN adalah materi SMA..

**ketika mimpiku berubah menjadi kenyataan

Akhirnya aku mencoba berusaha lagi di SNMPTN Tulis ini,, namun aku harus belajar lebih keras lagi setiap hari aku belajar bersama , dan kadang meminta waktu luang kepada bapak/ibu guru untuk meminta tambahan pelajaran untuk membahas soal-soal di SNMPTN. Namun hanya kemampuan dasar seperti matematika, bahasa inggris, dan bahasa indonsia, Alhamdulillah bapak/ibu guru disekolahku mau membantu kami,  untuk yang lainya aku dan teman-teman hanya mengerjakan dan mempelajari soal-soal tahun sebelomnya…

SNMPTN Tulispun tiba,, aku kurang yakin apakah aku bisa lolos atau tidak tapi aku harus optimis dan selalu berdoa…

Karena pengumumanya lama, saya sambil mencari-cari lowongan pekerjaan karena jka saya tidak lolos saya memutuskan akan bekerja terlebih dahulu dan mengikuti SNMPTN taun depan,

Namun aku tak percaya ketika pengumuman tiba aku segera kewarnet membuka pengumuman di internet dan alhamdulilah aku diterima di UNNES di Pendidikan Ekonomi Koperasi J alhamdulilah aku sangat senag sekali,…

Tetapi aku belum tenang karena pengumuman bidikmisi belom di umumkan,, sebelum pengumuman bidikmisi ini keluar aku belum bisa tenang aku harus mencari pekerjaan yang kira-kira bisa aku daftar jika aku tak lolos bidikmisi,.. dan alhamdulillah aku lolos :)

Aku sangat senang sekali hal pertama yang aku lakukan yaitu aku bersyukur kepada allah SWT yang telah memberi kemudahan untuku agar aku bisa membantu mamah, membahaiakan mamah, yang kedua yaitu aku langsung menelpon mamahku dan mengatakan aku lolos bidikmisi mamahku terdengar sangat bahagia mendengar berita itu…

 Alhamdulillah terimakasih allah , terimakasih kepadaUNNES  yang telah member kesempatan dan meberi kepercayaan kepadaku untuk menerima bidikmisi. Aku berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Aku kan berusaha keras untuk membuat prestasi di UNNES ini agar mamah bangga terhadapku, aku harus bisa berkontribusi dengan prestasi yang baik kepada UNNES yang telah memberikan kesempatan untuku dapat kuliah di kampus ini dan mendapatkan bidikmisi  dan juga untuk pemerinah aku harus bermanfaat untuk Negara yang telah menyishkan subsidinya untuk bidikmisi ini yang telah aku terima.

Aku berjanji aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, kesempatan untuku sehingga aku bisa melanjutkan kuliah dan meraih cita-citaku. Aku harus berusaha keras dan belajar sungguh-sungguh agar tidak membuat kecewa orang-orang yang telah mendukungku. Dan aku akan pulang membawa kesuksesan. Aminnnn….
 

BIODATA PENULIS : 

Nama Lengkap            : Mei Saroch

Nama Panggilan          : Mei

TTL                             : Kebumen, 1 Mei 1994

Alamat                        : Jalan Pandansari RT 02 RW 06, Desa Semanding, Kec. Gombong, Kab. Kebumen, Jawa  Tengah, Indonesia.

Hobby                         : Membaca, Bersepeda.


Moto                           : Believe if you can, so you must be able ^_^

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar